Sabtu, 25 Desember 2010

perbandingan antara topologi jaringan bus,ring,star,dan mesh


1. topologi jaringan bus merupakanbeberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur data (bus). topologi bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehingga setiap perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut.
topologi bus ini merupakan topologi yang banyak digunakan diawal pengguna jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi yang lainnya,jika komputer dihubungkan antara satu komputer dengan koputer lainnya maka sudah bisa disebut menggunakan topologi bus,

kelebihan topologi bus
_senang untuk menambah atau mengurangi komputer dan nod tanpa mengganggu operasi yang telah dijalankan.
_kurang kabel dan jarak lan tidak terbatas
_biaya instalasi sangat murah
_sesuai untuk rangkaian yang kecil.

kelemahan topologi bus
_jika kabl tulang belakang (backbone) atau nama-nama nodnya yang bermasalah rangkaian tidak dapatr berpungsi.
_memrlukan traminator untuk kedua ujung kabel tulang belakang.
_sukar mengesan kerusakan
_perlu pengulang jika jarak lan jauh.
_memerlukan pengisian tambahan untuk mengelakan pelanggaran data.
_kecepatan rata-rata sistem informasi setiap komputer sangatlah lambat karna harus bergantian menggunakan saluran.
_sulit untuk manajemen jaringan
_sulit untuk menambah jaringan
_jika terjadi masalah dengan komputer misalkan komputer yang satu kabelnya putus maka semua jaringan komputer akan terganggu dan tidak  bisa berkomunikasi komputer satu dengan yang lainnya,begitu pula jika ujungnya tidak diterminasi,sinyal akan membalik dan seluruh jaringan akan terpengaruh,meskipun koputer dapat berdiri sendiri namun tidak dapat berkomunikasi dengan komputer yang lainnya.

2.topologi ring yaitu menghubungkan komputer-komputer sepanjang satu lintasan tunggal yang kedua ujungnya digabung sehingga membentuk sebuah lingkaran.lingkaran yanbg dimaksud adalah lingkaran logis yang jika dilihat secara fisik tidak berbentuk lingkaran sama sekali tidak mirip tetapi lebih mirip dengan topologi starnya

kelebihan topologi ring
_jika ada kerusakn identipikasi kerusakan sangat mudah,karena sinyal dat selalu bergerak terus dari perangkat pengirim sampai akhirnya berhenti diperangkat tujuan.
_apabila selama selama perjalanan ada koputer yang tidak menerima sinyal data dalam periode tertentu maka operator jaringan akan diingatkan dengan munculnya alarm yang akan menginformasikan masalah dan letak lokasinya

kelemahan topologi ring
_pada saat topologi mengalami kerusakan pada satu komputer dapat memberikan pengaruh terhadap jaringan keseluruhan dan tentu sajaa akan mempersulit troubeshoot
_jika memindahkan komputer akan mengganggu jaringan komputer yang sedang berjalan.

3. topologi star yaitu menghubungkan komputer-komputer melalui media kabel yang terpisah kesatu unit pusat,biasanya berupa HUB ataupun switch.saat ini topologi star yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer didalam satu departemen attau kelompok kerja .

kelebihan topolgi star
_kerusakan atau kegagalan koneksi pada salah satu komputer atau potongan kabel tidak akan membuat down jaringan secara keseluruhan ,tidak terpengaruh terhadap node lainnya,peralatan terpusat dapat mengurangi biaya selama penggunaan dan pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah.
_memungkinkan beberapa jenis kabel digunakan dalam jaringan yang sama,nenanfaat kan HUB atau switch yang dapat mengakomodasi berbagai jenis kabel.

kekurangan topologi star
_kerusakan pada HUB pusat akan menyebabkan kegagalan koneksi atau masalah pada jaringan dimana HUB tersebut berada,secara keseluruhan.
_pembangunan topologi ini sedikit lebih mahal daripada pemanfaatan topologi bus.

4. topologi mesh atau topologi jala adalah suatu bentuk hubungan antara perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung keperangkat lainnya yang ada didalam jaringan.Akibatnya ,dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju.
dengan pemahaman diatas sya bisa menarik kesimpulan bahwa apabila sebanyak 5 komputer akan dihubungkan dalam bentuk topologi meshmaka agar seluruh koneksi antar komputer dapat berpungsi optimal diperlukan banyaknya kabel koneksi 5(5-1)/2 = 10 kabel koneksi,dan masing-masing komputer harus memiliki port I/O sebanyak 5-1= 4 port

kelebihan topologi mesh
_hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan kekoputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk komunikasi dengan komputer yang dituju saja.
_memiliki sifat Robust,yaitu apabila terjadi gangguan pada koneksi pada komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi antara Adan B,maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer a dengan komputer lainnya.
_pripacy dan scurity pada topologi mesh lebih terjamin karena komunikasi yang terjadi antar dua komputer tidak akan diakses komputer lainnya.
_memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saaT terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

kelemahan topologi mesh
_membutuhkan banyaknya kebel dan port I/O,semakin banyak topologi meshnya maka semakin banyak kabel links dan port I/O
_setiap komputer harus terkoneksi langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
_banyaknya kebel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan didalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

berdasarkan kekurangan dan kelebihan topologi diatas tersebut saya bisa kesimpulan topologi mesh diimplentasikan pada komputer-komputer utama dimana masing-masing komputer utama tersebut membentuk suatu jaringan tsrsendiri dengan topologi yanmg berbeda (hybrid network)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar